Jumat, 12 Oktober 2012

TULISAN 4 (bahasa indonesia 1)


1.      ANN (jaringan saraf tiruan)
merupakan cabang ilmu multi disiplin yang meniru cara kerja otak mahkluk hidup, salah satu struktur yang dapat ditiru adalah bentuk neuron (sel saraf). Jaringan saraf tiruan dapat menyelessaikan persoalan yang rumit atau tidak mungkin jika diselesaikan dengan menggunakan komputasi secara konversional, dengan melakukan proses belajar jaringan saraf tiruan dapat memodifikasi tingkah laku dengan sesuai keadaan lingkungannya. Jaringan saraf dapat mengatur dirinya untuk menghasilkan suatu respon yang konsisten terhadap rangkaian masukan, dengan jaringan saraf tiruan dirancang dan dilatih kemampuan seperti yang dimiliki manusia.

2.      Pengertian ANN
ANN (jaringan saraf tiruan) adalah system komputasi dimana arsitektur dan operasi yang diilhami dengan pengetahuan tetntang sel saraf biologi didalam otak.
ANN merupakan model yang meniru cara kerja jaringan neural biologis.

3.      Otak sebagai system pengolah informasi, otak manusia (juga hewan) adalah terdiri atas sel-sel yang disebut neuron. Dibandingkan dengan sel-sel lain yang selalu mereproduksi dirinya kemudian mati, neuron memiliki keistimewaan, yaitu tidak mati. Hal ini menyebabkan informasi yang tersimpan didalamanya dapat bertahan, diperkirakan otak manusia terdiri atas 109 neurol, dan terdapat 100 jenis neuron yang telah diketahui neuron-neuron ini terbagi ats grup-grup (disebut jaringan) yang dibedakan atas fungsinya yang setiap grup mengandung ribuan neuron yang saling berhubungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa otak merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan neuron. Kecepatan proses setiap jaringan ini sebenarnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan kecepatan proses computer yang ada pada saat ini namun karena otak terdiri atsa jutaan jaringan yang bekerja secara pararel (simultan), maka otak dapat mengerjakan pekrejaan yang jauh lebih kompleks dibandingkan dengan apa yang dapat dikerjakan oleh computer yang semata-mata hanya mengandalkan kecepatan. Struktur pemrosesan pararel ini merupakan bagian lain yang menarik dari jaringan neurol, yang juga dapat ditiru untuk diimplementasikan





     GAMBAR 1  Hubungan antar neuron biologis
Gambar 1 diatas menunjukna hubungan antara nuron pada otak, pada gambar 1 terdapat bagian-bagian :
·         Dendrit            = berfungsi sebagai saluran masukan bagi neuron
·         Nucleus                       = inti dari suatu neuron
·         Axon                = berfungsi sebagai saluran keluaran dari neuron
·         Synanpsis         = untuk nmengatur kekuatan hubungan antar neuron

4.      Perbedaan antara ES (ekspert system) dengan ANN
A.      ES
·         Dalam pemecahan masalah masih membutuhkan bantuan programmer
·         Knowledge dibuat oleh programmer, sehingga knowledge dapat ditelusuri proses pembuatannya.
·         Sampai yang diinputnya cacat, tidak dapat menghasilkan output
B.      ANN
·         Dapat memecahkan masalah atau kasus yang rumit tidak dapat dilakukan oleh ES
·         Knowledge terbentuk dengan senddirinya
·         Dapat menghasilkan input walaupun inputnya cacat

5.      Arsitektur ANN
Setiap neuron memiliki beberapa masukan dan mempunyai 1 keluaran. Jalur masukan pada suatu neuron bisa berisi data mentah atau data hasil olahan neuron sebelumnya sedangkan hasil keluaran suatun neuron dapat berupa hasil akhir atau berupa bahan masukan bagi neuron berikutnya. Jaringan neuron buatan terdiri atas kumpulan grup dalam lapisan. Gambar 2 dibawah ini menunjukann struktur umum jaringan saraf buatan yang bersifat feedforward (data yang diproses 1 arah)


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar