Senin, 18 April 2011

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR (cinta kasih)


CINTA KASIH..
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit.Bisa di alami semua makhluk.Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa.Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadap keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman
  • Perasaan yang romantic atau juga disebut asmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
  • Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Dalam hal ini saya akan membahas mengenai cinta kasih seorang ibu kepada anaknya , Ada seorang ibu yang sering kali merasa sedih memikirkan anak satu-satunya. Anaknya mempunyai tabiat yang sangat buruk yaitu suka mencuri, berjudi, mengadu ayam dan banyak lagi. Ibu itu sering menangis meratapi nasibnya yang malang, namun ia sering berdoa memohon kepada Tuhan :
"Tuhan tolong sadarkan anakku yang kusayangi, supaya tidak berbuat dosa lagi. Aku sudah tua dan ingin menyaksikan dia bertobat sebelum aku mati"
Namun semakin lama si anak semakin larut dengan perbuatan jahatnya, sudah sangat sering ia keluar masuk penjara karena kejahatan yang dilakukannya. Suatu hari ia kembali mencuri di rumah penduduk desa, namun malang dia tertangkap Kemudian dia dibawa ke hadapan raja utk diadili dan dijatuhi hukuman pancung. Dengan hati hancur, ibu kembali ke rumah.Tak hentinya dia berdoa supaya anaknya diampuni, dan akhirnya dia tertidur karena kelelahan.Dan dalam mimpinya dia bertemu dengan Tuhan.
Keesokan harinya, ditempat yang sudah ditentukan, rakyat berbondong-bondong manyaksikan hukuman tersebut.Sang algojo sudah siap dengan pancungnya dan anak sudah pasrah dengan nasibnya. Terbayang di matanya wajah ibunya yang sudah tua, dan tanpa terasa ia menangis menyesali perbuatannya. Detik-detik yang dinantikan akhirnya tiba.Sampai waktu yang ditentukan tiba, lonceng belum juga berdentang. Sudah lewat lima menit dan suasana mulai berisik, akhirnya petugas yang bertugas membunyikan lonceng datang. Ia mengaku heran karena sudah sejak tadi dia menarik tali lonceng tapi suara dentangnya tidak ada. Saat mereka semua sedang bingung, tiba-tiba dari tali lonceng itu mengalir darah.Darah itu berasal dari atas tempat di mana lonceng itu diikat. Dengan jantung berdebar-debar seluruh rakyat menantikan saat beberapa orang naik ke atas menyelidiki sumber darah.

Tahukah anda apa yang terjadi?.Ternyata di dalam lonceng ditemui tubuh si ibu tua dengan kepala hancur berlumuran darah.Dia memeluk bandul di dalam lonceng yang menyebabkan lonceng tidak berbunyi, dan sebagai gantinya, kepalanya yang terbentur di dinding lonceng.
Seluruh orang yang menyaksikan kejadian itu tertunduk dan meneteskan air mata.Sementara si anak meraung raung memeluk tubuh ibunya yang sudah diturunkan.Menyesali dirinya yang selalu menyusahkan ibunya. Ternyata malam sebelumnya si ibu dengan susah payah memanjat ke atas dan mengikat dirinya di lonceng. Memeluk besi dalam lonceng untuk menghindari hukuman pancung anaknya. Dalam hal ini bahwa sang ibu sangat saying kepada anaknya sehingga mengorbankan hidupnya untuk anaknya , walaupun anaknya berbuat jahat tetapi ia tetap megasihi sepenuh hidupnya

Marilah kita mengasihi orang tua kita masing masing selagi kita masih mampu. karena mereka adalah sumber kasih Tuhan bagi kita di dunia ini.


KRITIK :
            Memang sudah banyak anak atau masyarakat yang kurang mecintai atau mengasihi orang tuanya atau negaranya sendiri, padahal banyak manfaat yang bisa kita rasakan apabila mencintai orang-orang yang ada disekitar kita misalnya hidup kita menjadi lebih tenang, banyak juga yang akan mencintai kita, keberadaan kita akan diterima dimanapun kita berada.
SARAN :
            Tanamkanlah rasa saling mencintai dan menyayangi terhadap sesama dimulai sejak kecil, agar ketika tumbuh dewasa kita sudah terbiasa dengan sifat tersebut. 

Referensi :
Wikipedia

TUGAS IBD III (SENI)

SENI



Seni merupakan berasal dari kata “SANI” yang artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin saya memaknainya dengan seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama.karya- karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah digua-gua tidak pernah menunjukan identitas pembuatnya.Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa lalu seperti bangunan atau artefak di mesir kuno, Byzantium, Romawi, India, atau bahkan di Indonesia sendiri.Kalupun toh ada penjelasan tertentu pada artefak tersebut hanya penjelasan yang menyatakan benda/bangunan tersebut di buat untuk siapa”.Ini pun hanya ada pada setelah jaman, katanya para ahli arkiologi sich saya sendiri tidak tahu pasti.Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum moderen kesenian tidak beraspek individulistis.Terakhir kita menuju pada jaman Post-moderen/Kontemporer.Di jaman Kontemporer ini bentuk kesenian lebih banyak perubahannya baik secara kebendaan atau kajian estetiknya, yang lebih dahsyat lagi landasan logikanya. Mungkin disini saya akan memberi sedikit ilustrasi :
Di era Kontemporer ini aturan-aturan yang telah ada seolah-olah dihancurkan, yang dulunya karya seni itu harus menyenangkan, sekarang malah bisa sebaliknya.Yang dulunya karya seni itu setidaknya masih mempertimabangkan etika sosial, etika agama atau etika-etika yang lain, namun sekarang mungkin kesemuanya itu bisa jadi hanya sebagai aturan usang.

1.      HUBUNGAN SENI DENGAN ILMU BUDAYA DASAR
hubungannya Ilmu budaya dasar dengan Seni adalah, ilmu budaya dasar sebagai ilmu  yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, sedangkan seni adalah hasil dari suatu perbuatan sesuatu karya atau cipta seseorang yang berarti berwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah.karena keindahannya dapat membuat orang tertarik dan gemar terhadap seni. 
jadi ketika seseorang memiliki ilmu budaya dasar dan mengerti terhadap pengetahuan dasar mengenai masalah - masalah manusia dan kebudayaannya , seni dapat membuat semua masalah menjadi indah. seni bisa digunakan untuk menenangkan batin yang disebabkan oleh masalah-masalah atau dengan seni seseorang dapat membuatkan suatu karya dengan menumpahkan masalah-masalah yang di tanggung kedalam hasil karya seninya.





KRITIK :
           
            Banyak orang yang tidak mengerti arti sebuah seni padahal seni merupakan suatu hiburan yang bisa dinikmati semua orang dan merupakan suatu yang berhubungan erat dengan ilmu budaya dasar.
           

SARAN :

            Belajarlah seni dimulai sejak kecil karena didalam diri setiap manusia memiliki jiwa seni yang bisa dikembangkan dan nantinya akan berguna bagi dirinya sendiri atau orang lain.


Referensi :
WIKIPEDIA

TUGAS IBD III (BUDAYA)

BUDAYA


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latinColere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani.Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk system budaya dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas pakaian dan karya seni budaya.sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
·         Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
·         Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


HUBUNGAN BUDAYA DENGAN ILMU BUDAYA DASAR :
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Budaya merupakan suatu kehidupan semua manusia berdasarkan suatu keyakinan,budaya di miliki semua orang di belahan dunia .budaya mengatur semua kehidupan dimulai dari keyakinan untuk beragama, kesenian, tata busana , masakan , bahasa , sikap dan emosi seseorang dalam wilayah yang memiliki budaya.kebudayaan bisa dikategorikan berdasarkan benua tempat tinggal manusia. dan perkembangan budaya berasal dari perkembangan daerah tersebut beserta keyakinan keyakinan yang ada pada wilayah tersebut.
Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing.Perubahan budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat.Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:
1.    tekanan kerja dalam masyarakat
2.    keefektifan komunikasi
3.    perubahan lingkungan alam
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.


KRITIK :
            Perubahan kebudayaan di suatu tempat dapat terjadi oleh berbagai factor, salah satunya adalah kurangnya kecintaan atau rasa memiliki yang ditanamkan pada masyarakat tersebut sehingga banyak kebudayaan yang telah hilang atau diambil oleh Negara lain.
SARAN :
            Berikan pelajaran tentang kebudayaan yang kita miliki sejak dari kecil dan tanamkan rasa cinta terhadap budaya tersebut sehingga muncul rasa untuk mempertahankan dan mempelajari budaya tersebut dari kecil.


Referensi :

TUGAS IBD III

 kESUSASTRAAN

Kesusastraan yaitu adalah  (Sanskerta: शास्त्र, shastra) kata serapan dari bahasa Sanskertaśāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Definisi sastra diartikan dengan bermacam-macam, yaitu :
a)      Sastra adalah seni berbahasa.
b)     Sastra adalah ungkapan spontan dari perasaan yang mendalam.
c)      Sastra adalah ekspresi pikiran (pandangan, ide, perasaan, pemikiran) dalam bahasa.
d)     Sastra adalah inspirasi kehidupan yanag dimateraikan dalam sebuah bentuk keindahan.
e)      Sastra adalah buku-buku yang memuat perasaan kemanusiaan yang mendalam dan kebenaran moral dengan sentuhan kesucian, keluasan pandangan, dan bentuk yang mempesona.
f)       Sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakainan dalam suatu bentuk gambaran kongkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.

1.     PEMBAGIAN JENIS_JENIS SASTRA…
Ada tiga jenis karya sastra yaitu puisi, prosa cerita dan drama.Hal itu memang logis karena tiga jenis tersebutlah yang mengandung unsur-unsur kesusastraan secara dominan (fiksi, imaji, dan rekaan).Namun, seiring dengan perkembangan dunia sastra akhir-akhir ini mulai terjadi pembatasan yang tipis antara khayalan dan kenyataan.
Unsur estetika seni meliputi keutuhan (unity), keselarasan (harmony), keseimbangan (balance), fokus/pusat penekanan suatu unsur (right emphasis).Sedangkan perbedaannya terletak pada isi dan bahasanya.Isi sastra imajinatif sepenuhnya bersifat khayal/fiktif, sedangkan isi sastra non-imajinantif didominasi oleh fakta-fakta.Bahasa sastra imajinatif cenderung konotatif, sedangkan bahasa sastra non-imajinatif cenderung denotatif.
2.     HUBUNGAN KESUSASTRAAN DENGAN ILMU BUDAYA DASAR…
Dalam kebudayaan yang dibuat oleh manusia sastra mencakup bahasa untuk melakukan komunikasi antar manusia itu sendiri, melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Karya sastra mempunyai relevansi dengan masalah-masalah dunia pendidikan dan pengajaran.Sebab itu sangat keliru bila dunia pendidikan selalu menganggap bidang eksakta lebih utama, lebih penting dibandingkan dengan ilmu sosial atau ilmu-ilmu humaniora.Masyarakat memandang bahwa karya sastra hanyalah khayalan pengarang yang penuh kebohongan sehingga timbul klasifikasi dan diskriminasi.Padahal karya sastra memiliki pesona tersendiri bila kita mau membacanya.Karya sastra dapat membukakan mata pembaca untuk mengetahui realitas sosial, politik dan budaya dalam bingkai moral dan estetika.Dari dulu sampai sekarang karya sastra tidak pernah pudar dan mati.Dalam kenyataan karya sastra dapat dipakai untuk mengembangkan wawasan berpikir bangsa.Karya sastra dapat memberikan pencerahan pada masyarakat modern.ketangguhan yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Di satu pihak, melalui karya sastra, masyarakat dapat menyadari masalah-masalah penting dalam diri mereka dan menyadari bahwa merekalah yang bertanggung jawab terhadap perubahan diri mereka sendiri.
Sastra dapat memperhalus jiwa dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berpikir dan berbuat demi pengembangan dirinya dan masyarakat serta mendorong munculnya kepedulian, keterbukaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sastra mendorong orang untuk menerapkan moral yang baik dan luhur dalam kehidupan dan menyadarkan manusia akan tugas dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial dan memiliki kepribadian yang luhur.
            KRITIK :
Banyak masyarakat yang menilai bahwa karya sastra hanyalah imajinasi atau khayalan pengarangnya saja, padahal di dalam karya sastra terdapat ilmu yang bisa kita pelajari misalnya ilmu sosial, politik, budaya dan nilai-nilai kehidupan sehingga bisa membangun jiwa seseorang.
            SARAN :
Bacalah karya-karya sastra sebelum menilainya karena di dalam sebuah karya sastra banyak terdapat ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.



Referensi :
Wikipedia.com
Buku Pengantar kesustraan

Kamis, 17 Maret 2011

TUGAS IBD LANJUTAN

                   Hubungan ilmu budaya dasar dengan system informasi

ð       Ilmu budaya dasar merupakan suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu mata kuliah ini. Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

ð      System informasi merupakan Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Konsep Dasar Sistem Informasi yaitu kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Jerry FithGerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Karakteristik Sistem / Elemen Sistem : Memiliki komponen yaitu Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem.
System informasi merupakan salah satu keterkaitannya dengan Ilmu Budaya Dasar karena sitem informasi dalam Pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan mencari data makalah tentang computer,ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan penelitian seperti jurnal juga bisa didapatkan di internet.
Tetapi disetiap  sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sekarang  sudah memasang computer di tiap sekolah dan memasang akses internet,  Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan bagi si pemakai, ada juga kerugiannya seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public. Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi, tetapi manusia tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya  Mereka bisa terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka.
Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu sangat berguna sekali. Internet merupakan sarana pendidikan untuk menambah wawasan. IPTEK di Indonesia cukup bagus. Dimana pendidiknya profesional dan berpengalaman. Kesemua itu dilakukan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara terbelakang dalam hal pendidikan. Faktor yang menghambat pendidikan di Indonesia adalah kurangnya modal untuk mendirikan dan menyekolahkan orang-orang yang kurang mampu.
Ada beberapa alasan mengapa di Indonesia belum semua pendidikan menggunakan internet, faktornya adalah :
1.      Kurangnya penguasaan bahasa Inggris.
2.      Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris.
3.      Akses Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal.
Selain dari dampak positif, internet juga berdampak negatif bagi para pelajar. Pengguna internet terbesar saat ini adalah para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan kalangan mahasiswa justru menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang berdekatan dengan kampus). Dalam sebuah survey, para pelajar SLTP, SLTA dan SD sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Dan rata-rata mereka rela menghabiskan waktu 3-5 jam/ hari dengan mengeluarkan uang Rp.7000 – Rp.30.000/hari untuk bermain internet. Memang tidak semua pelajar hanya menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Memang diantara mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak.
Game dan chatting bisa membawa effect kecanduan. Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak menjadi malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha untuk bermain game dan chatting.contohnya sekarang facebook sudah banyak dari kalangan muda sampai tua mengetahuinya, dengan adanya facebook kita dapat berinteraksi dengan teman-teman tetapi terkadang chatting di facebook dsb terdapat dampak negatifnya, sekarang sudah banyak modus penipuan secara halus lewat facebook atau internet dan  Dampak negatif bermain game hampir sama dengan dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok masih ada. Effect permainan game dan chatting ini justru lebih berbahaya dari kekhawatiran kita sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya situs-situs porno. Karena berdasarkan pengamatan, ternyata situs porno hanya berefek pada euforia dan dalam waktu singkat mereka sudah akan bosan. Namun effect game dan chatting adalah effect candu yang bisa membuat penggunanya menjadi ketagihan dan ini yang sangat berbahaya bagi dunia pendidikan kita. Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan ada kasus perkosaan oleh teman chatting, penipuan oleh teman chatting dan masih banyak lagi. Kehidupan sosial masyarakat juga ikut berdampak akibat perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong-royong dari masyarakat, individualisme terlihat pada masyarakat kota. Hubungan sosial yang terjalin di masyarakat kita bisa hanya dengan menggunakan via hand phone atau via email. Memang cara seperti itu praktis, cepat dan mudah. Tapi tanpa sadar mereka tidak dapat bersilaturahmi secara langsung.
Pengaruh positif dari informasi yang berkembang di dunia bagi budaya yaitu pengetahuan budaya. Indonesia yang belakangan ini budayanya yang dimiliki sering diakui atau diklaim oleh negara lain kini seluruh dunia dapat melihat dan mengenal bagaimana kebudayaan di Indonesia, sehingga seluruh dunia dapat tau bagaimana isi di setiap masing-masing negara, sebenarnya selain memamerkan budayanya, Indonesia juga harus memberikan hak paten terhadap budaya-budayanya agar tidak di curi lagi oleh negara lain kalau Indonesia sudah mengukuhkannya. Jadi mudah-mudahan tidak akan ada lagi pengakuan dari Negara-negara lain terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

Kritik : Zaman globalisasi sekarang terutama di Indonesia internet merupakan salah satu IPTEK sarana untuk mencari informasi, pengetahuan dan hubungan kekerabatan dengan menggunakan situs facebook dll, tetapi masih banyak orang-orang Indonesia menggunakan internet dengan hal yang tidak wajar seperti melihat situs porno dan bermain game online yang terlalu berlebihan oleh kalangan anak SLTP, SLTA dan mahasiswa dengan hal itu membuat otak generasi muda sekarang menjadi malas bekerja dan berfikir karena telah kecanduan dengan IPTEK tersebut.

Saran: Ilmu Budaya berpengaruh dalam sistem informasi karena dapat Membentuk kita dalam bertindak, bertingkah laku, dan berfikir. Suatu komponen budaya yang mempengaruhi adalah interpersonal trust yang terdiri dari minat pribadi, kemampuan, rasa empati, serta sikap percaya kepada sistem. Agar kita dapat mengoptimalkan informasi dengan baik dan benar. Jadi seharusnya kita yang mulai menjadi  dewasa dapat memberi contoh kepada generasi muda kedepannya dengan memberi tahu tentang ketentuan memakai internet untuk tidak membuka situs-situs yang tidak wajar dan orangtua dapat memperhatikan anaknya agar tidak sering melakukan kegiatan bermain game online secara berlebihan.

Referensi :       www.wikipedia.com

Rabu, 16 Februari 2011

Tugas IBD

             ILMU BUDAYA DASAR DAN HUBUNGAN 
               DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI


I. Pengertian Ilmu budaya dasar
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu mata kuliah ini. Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Dalam ilmu budaya dasar ini terdapat suatu tujuan yang telah dinyatakan oleh Prof Dr.Harsya Bactiar yaitu untuk dapat memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi dan mengkaji hal yang digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

II. hubungan ilmu budaya dasar dengan kehidupan sehari-hari
                   Ilmu Budaya Dasar selalu kita temui dalam kehidupan kita, melalui pergaulan sehari-hari di kampus, dalam masyarakat, dan dalam keluarga. Pentingnya kita menyikapi mengenai Penerapan Budaya Dasar dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita lebih memahami berbagai aturan-aturan atau norma masyarakat agar terciptanya suatu hubungan yang harmonis.
Hubungan ilmu budaya dengan kehidupan sehari-hari sangat banyak, antaranya yaitu :
1. ilmu budaya dengan bahasa
          bahasa merupakan alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.
Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kritik :
          Pada zaman sekarang sudah banyak anak muda yang berbicara dengan kurang sopan dengan orang yang lebih tua bahkan seorang anak dengan orang tuanya, karena pergaulan yang salah dan anak tersebut menyamakan kedudukan orang tuanya dengan teman sebayanya.

Saran :
          Seharusnya seorang anak harus diberi pelajaran tentang kesopanan sejak dini dari dalam rumah oleh orang tuanya dan mengajari menghormati orang yang lebih tua. Apabila anak kurang sopan sebaiknya dibicarakan secara baik-baik.

2. ilmu budaya dengan system kepercayaan (agama)
          Ada kalanya pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. Secara bersamaan, muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem jagat raya ini, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya. Sehubungan dengan itu, baik secara individual maupun hidup bermasyarakat, manusia tidak dapat dilepaskan dari religi atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta.Agama dan sistem kepercayaan  lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia, Agama biasanya memiliki suatu prinsip, seperti "10 Firman" dalam agama Kristen atau "5 rukun Islam" dalam agama Islam. Kadang-kadang agama dilibatkan dalam sistem pemerintahan, seperti misalnya dalam sistem teokrasi. Agama juga memengaruhi kesenian dalam ilmu budaya dasar.
Kritik :
          Sekarang masyarakat sudah banyak yang melakukan penyerangan antar agama, baik sesama agama maupun lain agama. Padahal dalam setiap agama tidak diperbolehkan berkelahi antar agama, bahkan dianjurkan untuk saling menghargai, menghormati, dan membantu. Hal ini disebabkan karena kurangnya iman dan pembekalan ilmu yang dialami oleh seseorang.
Saran :
          Ilmu agama merupakan suatu ilmu yang harus dipelajari oleh setiap  orang dimulai sejak dini karena hal yang menyangkut tentang tuhan, serta agar terjalin kerukunan antar umat beragama di setiap masyarakat.
3. ilmu budaya dengan perubahan sosial budaya
                Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:
1.    tekanan kerja dalam masyarakat
2.    keefektifan komunikasi
3.    perubahan lingkungan alam
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.
Kritik :
          Perubahan sosial di Negara kita sudah sangat terlihat dan banyak yang berdampak negative dari budaya barat, misalnya dari segi berpakaian, segi perilaku, dll. Banyak masyarakat yang meniru hal negative dari  budaya barat tetapi juga ada hal positif yang bisa diambil dari kebudayaan barat.
Saran :
          Masyarakat harus ditanami rasa bangga dengan kebudayaan yang terdapat di Indonesia dari sejak dini, dan tidak terlalu mengikuti perkembangan budaya luar yang bersifat negative.
4. ilmu budaya dengan kesenian
          Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks yang kita dapati.
Kritik :
          Sekarang banyak masyarakat yang melupakan atau kurang ketertarikan terhadap kesenian, sehingga banyak kesenian yang hilang padahal dengan kesenian dapat mempererat persaudaraan dan dapat dijadikan sebagai hiburan.
Saran :
          Rasa ketertarikan terhadap seni seharusnya sudah ditanamkan kepada anak-anak diusia dini agar mengetahui kesenian itu dapat menghasilkan kreatifitas dan bermanfaat bagi semua orang karena dapat menghibur.
III. kritik dan saran

Saran :
                   Mempelajari ilmu Budaya Dasar sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari kita khususnya dalam bersosialisasi dengan orang-orang disekitar kita, agar dapat menciptakan kehidupan yang rukun dan harmonis. Serta dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang saling menghargai dan menghormati orang lain.

Kritik :
                   Seharusnya ilmu budaya dasar sudah diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak di lingkungan rumah sejak dini, bukan dari bangku SMA atau kuliah karena bisa membentuk kepribadian si anak menjadi lebih baik dan diterima di kehidupan masyarakat.

Sumber : masoffa.wordpress.com
                  Puturistik.blogspot.com
                  Wikipedia.com