Senin, 18 April 2011

TUGAS IBD III (BUDAYA)

BUDAYA


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latinColere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani.Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk system budaya dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas pakaian dan karya seni budaya.sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
·         Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
·         Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


HUBUNGAN BUDAYA DENGAN ILMU BUDAYA DASAR :
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Budaya merupakan suatu kehidupan semua manusia berdasarkan suatu keyakinan,budaya di miliki semua orang di belahan dunia .budaya mengatur semua kehidupan dimulai dari keyakinan untuk beragama, kesenian, tata busana , masakan , bahasa , sikap dan emosi seseorang dalam wilayah yang memiliki budaya.kebudayaan bisa dikategorikan berdasarkan benua tempat tinggal manusia. dan perkembangan budaya berasal dari perkembangan daerah tersebut beserta keyakinan keyakinan yang ada pada wilayah tersebut.
Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing.Perubahan budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat.Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:
1.    tekanan kerja dalam masyarakat
2.    keefektifan komunikasi
3.    perubahan lingkungan alam
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.


KRITIK :
            Perubahan kebudayaan di suatu tempat dapat terjadi oleh berbagai factor, salah satunya adalah kurangnya kecintaan atau rasa memiliki yang ditanamkan pada masyarakat tersebut sehingga banyak kebudayaan yang telah hilang atau diambil oleh Negara lain.
SARAN :
            Berikan pelajaran tentang kebudayaan yang kita miliki sejak dari kecil dan tanamkan rasa cinta terhadap budaya tersebut sehingga muncul rasa untuk mempertahankan dan mempelajari budaya tersebut dari kecil.


Referensi :

TUGAS IBD III

 kESUSASTRAAN

Kesusastraan yaitu adalah  (Sanskerta: शास्त्र, shastra) kata serapan dari bahasa Sanskertaśāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Definisi sastra diartikan dengan bermacam-macam, yaitu :
a)      Sastra adalah seni berbahasa.
b)     Sastra adalah ungkapan spontan dari perasaan yang mendalam.
c)      Sastra adalah ekspresi pikiran (pandangan, ide, perasaan, pemikiran) dalam bahasa.
d)     Sastra adalah inspirasi kehidupan yanag dimateraikan dalam sebuah bentuk keindahan.
e)      Sastra adalah buku-buku yang memuat perasaan kemanusiaan yang mendalam dan kebenaran moral dengan sentuhan kesucian, keluasan pandangan, dan bentuk yang mempesona.
f)       Sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakainan dalam suatu bentuk gambaran kongkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.

1.     PEMBAGIAN JENIS_JENIS SASTRA…
Ada tiga jenis karya sastra yaitu puisi, prosa cerita dan drama.Hal itu memang logis karena tiga jenis tersebutlah yang mengandung unsur-unsur kesusastraan secara dominan (fiksi, imaji, dan rekaan).Namun, seiring dengan perkembangan dunia sastra akhir-akhir ini mulai terjadi pembatasan yang tipis antara khayalan dan kenyataan.
Unsur estetika seni meliputi keutuhan (unity), keselarasan (harmony), keseimbangan (balance), fokus/pusat penekanan suatu unsur (right emphasis).Sedangkan perbedaannya terletak pada isi dan bahasanya.Isi sastra imajinatif sepenuhnya bersifat khayal/fiktif, sedangkan isi sastra non-imajinantif didominasi oleh fakta-fakta.Bahasa sastra imajinatif cenderung konotatif, sedangkan bahasa sastra non-imajinatif cenderung denotatif.
2.     HUBUNGAN KESUSASTRAAN DENGAN ILMU BUDAYA DASAR…
Dalam kebudayaan yang dibuat oleh manusia sastra mencakup bahasa untuk melakukan komunikasi antar manusia itu sendiri, melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Karya sastra mempunyai relevansi dengan masalah-masalah dunia pendidikan dan pengajaran.Sebab itu sangat keliru bila dunia pendidikan selalu menganggap bidang eksakta lebih utama, lebih penting dibandingkan dengan ilmu sosial atau ilmu-ilmu humaniora.Masyarakat memandang bahwa karya sastra hanyalah khayalan pengarang yang penuh kebohongan sehingga timbul klasifikasi dan diskriminasi.Padahal karya sastra memiliki pesona tersendiri bila kita mau membacanya.Karya sastra dapat membukakan mata pembaca untuk mengetahui realitas sosial, politik dan budaya dalam bingkai moral dan estetika.Dari dulu sampai sekarang karya sastra tidak pernah pudar dan mati.Dalam kenyataan karya sastra dapat dipakai untuk mengembangkan wawasan berpikir bangsa.Karya sastra dapat memberikan pencerahan pada masyarakat modern.ketangguhan yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Di satu pihak, melalui karya sastra, masyarakat dapat menyadari masalah-masalah penting dalam diri mereka dan menyadari bahwa merekalah yang bertanggung jawab terhadap perubahan diri mereka sendiri.
Sastra dapat memperhalus jiwa dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berpikir dan berbuat demi pengembangan dirinya dan masyarakat serta mendorong munculnya kepedulian, keterbukaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sastra mendorong orang untuk menerapkan moral yang baik dan luhur dalam kehidupan dan menyadarkan manusia akan tugas dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial dan memiliki kepribadian yang luhur.
            KRITIK :
Banyak masyarakat yang menilai bahwa karya sastra hanyalah imajinasi atau khayalan pengarangnya saja, padahal di dalam karya sastra terdapat ilmu yang bisa kita pelajari misalnya ilmu sosial, politik, budaya dan nilai-nilai kehidupan sehingga bisa membangun jiwa seseorang.
            SARAN :
Bacalah karya-karya sastra sebelum menilainya karena di dalam sebuah karya sastra banyak terdapat ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.



Referensi :
Wikipedia.com
Buku Pengantar kesustraan

Kamis, 17 Maret 2011

TUGAS IBD LANJUTAN

                   Hubungan ilmu budaya dasar dengan system informasi

ð       Ilmu budaya dasar merupakan suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu mata kuliah ini. Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

ð      System informasi merupakan Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Konsep Dasar Sistem Informasi yaitu kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Jerry FithGerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Karakteristik Sistem / Elemen Sistem : Memiliki komponen yaitu Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem.
System informasi merupakan salah satu keterkaitannya dengan Ilmu Budaya Dasar karena sitem informasi dalam Pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan mencari data makalah tentang computer,ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan penelitian seperti jurnal juga bisa didapatkan di internet.
Tetapi disetiap  sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sekarang  sudah memasang computer di tiap sekolah dan memasang akses internet,  Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan bagi si pemakai, ada juga kerugiannya seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public. Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi, tetapi manusia tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya  Mereka bisa terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka.
Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu sangat berguna sekali. Internet merupakan sarana pendidikan untuk menambah wawasan. IPTEK di Indonesia cukup bagus. Dimana pendidiknya profesional dan berpengalaman. Kesemua itu dilakukan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara terbelakang dalam hal pendidikan. Faktor yang menghambat pendidikan di Indonesia adalah kurangnya modal untuk mendirikan dan menyekolahkan orang-orang yang kurang mampu.
Ada beberapa alasan mengapa di Indonesia belum semua pendidikan menggunakan internet, faktornya adalah :
1.      Kurangnya penguasaan bahasa Inggris.
2.      Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris.
3.      Akses Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal.
Selain dari dampak positif, internet juga berdampak negatif bagi para pelajar. Pengguna internet terbesar saat ini adalah para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan kalangan mahasiswa justru menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang berdekatan dengan kampus). Dalam sebuah survey, para pelajar SLTP, SLTA dan SD sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Dan rata-rata mereka rela menghabiskan waktu 3-5 jam/ hari dengan mengeluarkan uang Rp.7000 – Rp.30.000/hari untuk bermain internet. Memang tidak semua pelajar hanya menggunakan internet untuk bermain game dan chatting. Memang diantara mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak.
Game dan chatting bisa membawa effect kecanduan. Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak menjadi malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha untuk bermain game dan chatting.contohnya sekarang facebook sudah banyak dari kalangan muda sampai tua mengetahuinya, dengan adanya facebook kita dapat berinteraksi dengan teman-teman tetapi terkadang chatting di facebook dsb terdapat dampak negatifnya, sekarang sudah banyak modus penipuan secara halus lewat facebook atau internet dan  Dampak negatif bermain game hampir sama dengan dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok masih ada. Effect permainan game dan chatting ini justru lebih berbahaya dari kekhawatiran kita sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya situs-situs porno. Karena berdasarkan pengamatan, ternyata situs porno hanya berefek pada euforia dan dalam waktu singkat mereka sudah akan bosan. Namun effect game dan chatting adalah effect candu yang bisa membuat penggunanya menjadi ketagihan dan ini yang sangat berbahaya bagi dunia pendidikan kita. Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan ada kasus perkosaan oleh teman chatting, penipuan oleh teman chatting dan masih banyak lagi. Kehidupan sosial masyarakat juga ikut berdampak akibat perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong-royong dari masyarakat, individualisme terlihat pada masyarakat kota. Hubungan sosial yang terjalin di masyarakat kita bisa hanya dengan menggunakan via hand phone atau via email. Memang cara seperti itu praktis, cepat dan mudah. Tapi tanpa sadar mereka tidak dapat bersilaturahmi secara langsung.
Pengaruh positif dari informasi yang berkembang di dunia bagi budaya yaitu pengetahuan budaya. Indonesia yang belakangan ini budayanya yang dimiliki sering diakui atau diklaim oleh negara lain kini seluruh dunia dapat melihat dan mengenal bagaimana kebudayaan di Indonesia, sehingga seluruh dunia dapat tau bagaimana isi di setiap masing-masing negara, sebenarnya selain memamerkan budayanya, Indonesia juga harus memberikan hak paten terhadap budaya-budayanya agar tidak di curi lagi oleh negara lain kalau Indonesia sudah mengukuhkannya. Jadi mudah-mudahan tidak akan ada lagi pengakuan dari Negara-negara lain terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

Kritik : Zaman globalisasi sekarang terutama di Indonesia internet merupakan salah satu IPTEK sarana untuk mencari informasi, pengetahuan dan hubungan kekerabatan dengan menggunakan situs facebook dll, tetapi masih banyak orang-orang Indonesia menggunakan internet dengan hal yang tidak wajar seperti melihat situs porno dan bermain game online yang terlalu berlebihan oleh kalangan anak SLTP, SLTA dan mahasiswa dengan hal itu membuat otak generasi muda sekarang menjadi malas bekerja dan berfikir karena telah kecanduan dengan IPTEK tersebut.

Saran: Ilmu Budaya berpengaruh dalam sistem informasi karena dapat Membentuk kita dalam bertindak, bertingkah laku, dan berfikir. Suatu komponen budaya yang mempengaruhi adalah interpersonal trust yang terdiri dari minat pribadi, kemampuan, rasa empati, serta sikap percaya kepada sistem. Agar kita dapat mengoptimalkan informasi dengan baik dan benar. Jadi seharusnya kita yang mulai menjadi  dewasa dapat memberi contoh kepada generasi muda kedepannya dengan memberi tahu tentang ketentuan memakai internet untuk tidak membuka situs-situs yang tidak wajar dan orangtua dapat memperhatikan anaknya agar tidak sering melakukan kegiatan bermain game online secara berlebihan.

Referensi :       www.wikipedia.com

Rabu, 16 Februari 2011

Tugas IBD

             ILMU BUDAYA DASAR DAN HUBUNGAN 
               DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI


I. Pengertian Ilmu budaya dasar
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu mata kuliah ini. Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Dalam ilmu budaya dasar ini terdapat suatu tujuan yang telah dinyatakan oleh Prof Dr.Harsya Bactiar yaitu untuk dapat memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi dan mengkaji hal yang digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

II. hubungan ilmu budaya dasar dengan kehidupan sehari-hari
                   Ilmu Budaya Dasar selalu kita temui dalam kehidupan kita, melalui pergaulan sehari-hari di kampus, dalam masyarakat, dan dalam keluarga. Pentingnya kita menyikapi mengenai Penerapan Budaya Dasar dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita lebih memahami berbagai aturan-aturan atau norma masyarakat agar terciptanya suatu hubungan yang harmonis.
Hubungan ilmu budaya dengan kehidupan sehari-hari sangat banyak, antaranya yaitu :
1. ilmu budaya dengan bahasa
          bahasa merupakan alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.
Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kritik :
          Pada zaman sekarang sudah banyak anak muda yang berbicara dengan kurang sopan dengan orang yang lebih tua bahkan seorang anak dengan orang tuanya, karena pergaulan yang salah dan anak tersebut menyamakan kedudukan orang tuanya dengan teman sebayanya.

Saran :
          Seharusnya seorang anak harus diberi pelajaran tentang kesopanan sejak dini dari dalam rumah oleh orang tuanya dan mengajari menghormati orang yang lebih tua. Apabila anak kurang sopan sebaiknya dibicarakan secara baik-baik.

2. ilmu budaya dengan system kepercayaan (agama)
          Ada kalanya pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. Secara bersamaan, muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem jagat raya ini, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya. Sehubungan dengan itu, baik secara individual maupun hidup bermasyarakat, manusia tidak dapat dilepaskan dari religi atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta.Agama dan sistem kepercayaan  lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia, Agama biasanya memiliki suatu prinsip, seperti "10 Firman" dalam agama Kristen atau "5 rukun Islam" dalam agama Islam. Kadang-kadang agama dilibatkan dalam sistem pemerintahan, seperti misalnya dalam sistem teokrasi. Agama juga memengaruhi kesenian dalam ilmu budaya dasar.
Kritik :
          Sekarang masyarakat sudah banyak yang melakukan penyerangan antar agama, baik sesama agama maupun lain agama. Padahal dalam setiap agama tidak diperbolehkan berkelahi antar agama, bahkan dianjurkan untuk saling menghargai, menghormati, dan membantu. Hal ini disebabkan karena kurangnya iman dan pembekalan ilmu yang dialami oleh seseorang.
Saran :
          Ilmu agama merupakan suatu ilmu yang harus dipelajari oleh setiap  orang dimulai sejak dini karena hal yang menyangkut tentang tuhan, serta agar terjalin kerukunan antar umat beragama di setiap masyarakat.
3. ilmu budaya dengan perubahan sosial budaya
                Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:
1.    tekanan kerja dalam masyarakat
2.    keefektifan komunikasi
3.    perubahan lingkungan alam
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.
Kritik :
          Perubahan sosial di Negara kita sudah sangat terlihat dan banyak yang berdampak negative dari budaya barat, misalnya dari segi berpakaian, segi perilaku, dll. Banyak masyarakat yang meniru hal negative dari  budaya barat tetapi juga ada hal positif yang bisa diambil dari kebudayaan barat.
Saran :
          Masyarakat harus ditanami rasa bangga dengan kebudayaan yang terdapat di Indonesia dari sejak dini, dan tidak terlalu mengikuti perkembangan budaya luar yang bersifat negative.
4. ilmu budaya dengan kesenian
          Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks yang kita dapati.
Kritik :
          Sekarang banyak masyarakat yang melupakan atau kurang ketertarikan terhadap kesenian, sehingga banyak kesenian yang hilang padahal dengan kesenian dapat mempererat persaudaraan dan dapat dijadikan sebagai hiburan.
Saran :
          Rasa ketertarikan terhadap seni seharusnya sudah ditanamkan kepada anak-anak diusia dini agar mengetahui kesenian itu dapat menghasilkan kreatifitas dan bermanfaat bagi semua orang karena dapat menghibur.
III. kritik dan saran

Saran :
                   Mempelajari ilmu Budaya Dasar sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari kita khususnya dalam bersosialisasi dengan orang-orang disekitar kita, agar dapat menciptakan kehidupan yang rukun dan harmonis. Serta dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang saling menghargai dan menghormati orang lain.

Kritik :
                   Seharusnya ilmu budaya dasar sudah diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak di lingkungan rumah sejak dini, bukan dari bangku SMA atau kuliah karena bisa membentuk kepribadian si anak menjadi lebih baik dan diterima di kehidupan masyarakat.

Sumber : masoffa.wordpress.com
                  Puturistik.blogspot.com
                  Wikipedia.com

Senin, 22 November 2010

PERBANDINGAN POLIGAMI DAN MONOGAMI

Perbandingan monogami dan poligami
A. monogami adalah kondisi hanya memiliki satu pasangan pada hubungan yang membentuk suatu pasangan. Kata monogami berhasil dari bahasa Yunani monos, yang berarti satu atau sendiri, dan gamos, yang berarti pernikahan.
B. poligami adalah kondisi suatu pernikahan kepada lebih dari satu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin orang bersangkutan).
Terdapat tiga bentuk poligami, yaitu poligini (seorang pria memiliki beberapa istri sekaligus), poliandri (seorang wanita memiliki beberapa suami sekaligus), dan pernikahan kelompok (bahasa Inggris: group marriage, yaitu kombinasi poligini dan poliandri). Ketiga bentuk poligami tersebut ditemukan dalam sejarah, namum poligini merupakan bentuk yang paling umum terjadi.
Walaupun diperbolehkan dalam beberapa kebudayaan, poligami ditentang oleh sebagian kalangan. Terutama kaumfeminis menentang poligini, karena mereka menganggap poligini sebagai bentuk penindasan kepada kaum wanita.
Poligami menurut masing-masing agama :
Islam
Islam pada dasarnya 'memperbolehkan' seorang pria beristri lebih dari satu (poligami). Islam 'memperbolehkan' seorang pria beristri hingga empat orang istri dengan syarat sang suami harus dapat berbuat 'adil' terhadap seluruh istrinya (Surat an-Nisa ayat 3 4:3). Poligini dalam Islam baik dalam hukum maupun praktiknya, diterapkan secara bervariasi di tiap-tiap negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Di Indonesia sendiri terdapat hukum yang memperketat aturan poligini untuk pegawai negeri, dan sedang dalam wacana untuk diberlakukan kepada publik secara umum.Tunisia adalah contoh negara arab dimana poligami tidak diperbolehkan.


Hindu
Baik poligini maupun poliandri dilakukan oleh sekalangan masyarakat Hindu pada zaman dulu. Hinduisme tidak melarang maupun menyarankan poligami. Pada prakteknya dalam sejarah, hanya raja dan kasta tertentu yang melakukan poligami.

Buddhisme dan Yudaisme
Walaupun kitab-kitab kuna agama Yahudi menandakan bahwa poligami diizinkan, berbagai kalangan Yahudi kini melarang poligami.

Kristen
Gereja-gereja Kristen umumnya, (Protestan, Katolik, Ortodoks, dan lain-lain) menentang praktek poligami. Namun beberapa gereja memperbolehkan poligami berdasarkan kitab-kitab kuna agama Yahudi.Gereja Katolik merevisi pandangannya sejak masa Paus Leo XIII pada tahun 1866 yakni dengan melarang poligami yang berlaku hingga sekarang.

Mormonisme
Penganut Mormonisme pimpinan Joseph Smith di Amerika Serikat sejak tahun 1840-an hingga sekarang mempraktikkan, bahkan hampir mewajibkan poligami. Tahun 1882 penganut Mormon memprotes keras undang-undang anti-poligami yang dibuat pemerintah Amerika Serikat.Namun praktik ini resmi dihapuskan ketika Utah memilih untuk bergabung dengan Amerika Serikat. Sejumlah gerakan sempalan Mormon sampai kini masih mempraktekkan poligami.

Dampak poligami pada proses individualisasi pada anak

Monogami dan poligami merupakan salah satu isu atau tema yang mengundang pro dan kontra yang berkaitan dengan system keluarga Islam. Hukum Islam terbentuk dengan kaidah-kaidah tertentu diantaranya kemaslahatan, terapan kaidah terhadap sebuah kasus akan melahirkan hukum sebagai landasan pijakan masyarakat yang bertujuan demi kemaslahatan umat.
Poligami yang tidak sesuai dengan hukum syar’i akan menciptakan hubungan yang tidak sehat dalam keluarga, hal tersebut akan menjadi faktor rusaknya lembaga perkawinan yang merupakan pukulan dan dapat menghancurkan mental anak yang tidak berdosa, sebab poligami akan merampas perlindungan dan ketentraman anak yang masih berjiwa bersih.
Dalam kehidupan rumah tangga, banyak hal yang akan memberikan dampak negatif terhadap kehidupan keluarga, keluarga yang anggotanya mengalami konflik intra pribadi akan sulit untuk berkembang menjadi suatu keluarga yang harmonis dan bahagia. Dimana anggota keluarga yang berada dalam situasi konflik, akan berkembang menjadi pribadi yang mendapat gangguan psikologis sehingga berpengaruh pada perilakunya. Dalam keadaan lebih buruk, keadaan konflik dapat mengakibatkan kehancuran keluarga.s
Pengaruh yang paling besar adalah pengaruh terhadap perkembangan anak dan masa depannya. Dalam suasana yang tidak harmonis akan sulit terjadi proses pendidikan yang baik dan efektif, anak yang dibesarkan dalam suasana seperti itu tidak akan memperoleh pendidikan yang baik sehingga perkembangan kepribadian anak mengarah kepada wujud pribadi yang kurang baik. Akibat negatifnya sudah dapat diperkirakan yaitu anak tidak betah dirumah, hilangnya tokoh idola, kehilangan kepercayaan diri, berkembangnya sikap agresif dan permusuhan serta bentuk-bentuk kelainan lainnya. Keadaan itu akan makin diperparah apabila anak masuk dalam lingkungan yang kurang menunjang. Besar kemungkinan pada gilirannya akan merembes ke dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas lagi.
Alangkah bahagia dan indahnya apabila semua orang tua bisa mendidik anaknya dengan baik serta membentuknya menjadi pribadi yang shaleh, tentunya pertama kali yang mesti mereka terapkan adalah memperbaiki perilakunya sendiri dalam keluarganya. Jadi, jika seorang ayah tidak dapat menjamin akan dapat berlaku adil maka ia harus mengubur niatnya untuk berpoligami dan mulai memikirkan cara untuk memperbaiki keadaan keluarga dan perkembangan psikologi anak yang tak berdosa yang bisa menjadi korban dari kerusakan atau penyelewengan moral akibat tatanan keluarga yang tak utuh. Dimana keadaan keluarga sangat mempengaruhi perjalanan hidup dan masa depan anak karena lingkungan keluarga merupakan arena dimana anak-anak mendapatkan pendidikan pertama, baik rohani maupun jasmani.



Referensi :
s3s3p wordpress
Wikipedia

Jumat, 05 November 2010

tugas ISD II (INDIVIDU) biografi RA Kartini

individu merupakan satuan kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Individu menurut sosiologi berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk tuhan didalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang rukun, rasio, raga dan rasa.
 salah satu contoh biografi yaitu :

          Raden Ajeng Kartini lahir pada tahun 1879 di kota Rembang. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya).

Akhirnya membaca menjadi kegemarannya, tiada hari tanpa membaca. Semua buku, termasuk surat kabar dibacanya. Kalau ada kesulitan dalam memahami buku-buku dan surat kabar yang dibacanya, ia selalu menanyakan kepada Bapaknya. Melalui buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia). Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya didapur tetapi juga harus mempunyai ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Tak berapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.

Beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan oleh orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah ia ikut suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan ikut mendukung Kartini untuk mendirikan sekolah wanita. Berkat kegigihannya Kartini berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong, ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

Pada tanggal 17 september 1904, Kartini meninggal dunia dalam usianya yang ke-25, setelah ia melahirkan putra pertamanya. Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon memngumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

kesimpulan :
bahwa kita sebagai wanita harus bangga terhadap perjuangan Ra Kartini karena derajat kita sebagai wanita telah diangkat dan disejajarkan dengan kaum pria dan kita harus mensyukuri bahwa kita masih dapat mengenyam pendidikan pada pendidikan yang lebih tinggi seperti yang sekarang ini (perkuliahan) karena jaman dahulu kaum wanita selalu direndahkan dan wanita dianggap wanita tidak bisa apa-apa.

Kamis, 04 November 2010

tugas individu ilmu sosial dasar

       Individu merupakan satuan kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Individu menurut sosiologi berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk tuhan didalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang rukun, rasio, raga dan rasa.
Didalam suatu individu terdapat sebuah kelurga dan sahabat. Sahabat itu keluarga kecil untuk saya selain ayah, ibu, dan kaka-kaka saya. Persahabatan menurut saya merupakan hubungan yang melibatkan pengetahuan,penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukan kesetiaan satu sama lain.
Saya mempunyai sahabat di SMA. Sahabat saya ada dikelas 2ipa5 dan menurut saya mereka lah yang membuat saya menjadi kuat, tegar, berfikir dewasa dan dapat menyelesaikan suatu masalah dari yang kecil sampai yang besar.  Salah satu sahabat saya yaitu annisa nurul ramadanti yang sering biasa dipanggil oleh anak-anak adalah danti. Dia teman sebangku saya dari kelas 1 sma sampai 3 sma yang tidak bisa dipisahkan dan kami selalu bertukar pikiran. Danti menurut saya orang yang tegar dan tegas berbeda dengan saya yang kekanak-kanakan dan mudah menangis. Pernah dalam suatu masalah dia diberikan masalah dengan keluarganya tetapi danti dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah walaupun rambut dia yang panjang tersebut  digunting oleh kakanya. Mendengarkan curhatan hati seorang Danti itu ga mudah bagi seseorang saya pun seperti itu tetapi kami saling melengkapi satu sama lain karena ada pepatah bilang bahwa seseorang tidak ada yang sempurna dan kekurangan seseorang akan dilengkapi dengan kelebihannya. Walaupun kami sering berantem atau mempunyai masalah-masalah kecil  tapi kami dapat menyikapinya secara baik-baik. Salah satu masalah yang pernah saya dan danti alami yaitu perbedaan pendapat dan kesukaaanya. Selain danti masih banyak lagi sahabat-sahabat saya malah ada 1 laki-laki yang menurut saya perhatian dengan saya. Tidak tahu kenapa saya mempunyai rasa yang berbeda dan sampai sekarang laki-laki tersebut selalu ada dan setia untuk saya. Sekarang saya merindukan sahabat-sahabat saya dan ingin sekali bertemu dengan mereka tetapi kesibukan masing-masinglah yang menjadi kendala saat ini, semoga suatu saat nanti saat bertemu kami sudah menjadi oran yang suksess amin :)