Senin, 13 Juni 2011

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR (pend media masa & seniman)


PENDERITAAN  MEDIA MASA DAN SENIMAN

Hubungan antara penderitaan, media masa dan seniman :
   Penderitaan sekarang ini banyak terjadi dan bagaimana untuk memberi tahu atau menyebar luaskan informasi mengenai penderitaan dan penanggulangan penderitaan, sekarang media massa adalah alat paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. karena media massa sudah mampu menyebarkan informasi dengan cepat.
   Berita mengenai penderitaan manusia silih berganti mengisi lembaran koran, layar TV, radio, internet, dengan maksud supaya semua orang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh penderitaan manusia. Dengan demikian dapat menggugah hati manusia untuk berbuat sesuatu.
            Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya menejahterakan manusia dan sebagaian lainnya membuat manusia. Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam, bencana perang dan lain-lain.
      Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia terutama bagi yang simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya komunkiasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni. Sebagai contoh bagaimana penderitaan anak bernama Arie Hangara yang mati akibat siksaan orang tuanya sendiri yang difilmkan dengan judul yang sama.
Contohnya :
Perang di Timur Tengah dan representasi umat Islam dalam konteks ini memiliki efek langsung pada kelompok-kelompok minoritas Muslim etnis, khususnya kaum muda di negara-negara Eropa barat. Artikel ini mengeksplorasi hubungan antara pembangunan identitas orang Asia Muslim Inggris berusia antara 16 dan 23 tahun dan media massa. Hal ini didasarkan pada lapangan yang dilakukan 2002-2004 di Bradford, sebuah 'Milltown' utara miskin di Inggris yang menyaksikan kekerasan protes dikenal sebagai media tentang perang di Timur Tengah dan pembangunan komunitas Muslim global dengan pemuda yang mengasosiasikan dirinya. Menggunakan kutipan dari individu dan fokus wawancara kelompok, artikel ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kondisi lokal dan nasional menantang yang disebabkan oleh diskriminasi rasial dan afiliasi dari pemuda dengan komunitas Muslim global.

1 komentar: