Selasa, 04 Oktober 2011

ORGANISASI


ORGANISASI....?


Organisasi  dalam bahasas YUNANi ὄργανον, organon – alat adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama social,ekonomiilmu politik,psikologi dan managemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organitation analysis).
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,mesin,metode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
ORGANISASI yang pernah diikuti…..
Saat duduk dibangku SMP saya pernah mengikuti suatu organisasi yaitu PMR dan saat di SMA pernah masuk di organisasi CHEERLEDERS tetapi hanya sebentar. Alasan saya mengikuti organisasi tersebut yaitu, PMR merupakan singkatan dari palang merah remaja,dalam organisasi pmr saya ingin mengtahui bagaimana seseorang dapat membantu oranglain jika ia tiba-tiba sakit disekolah dan memberikan obat dikotak p3k dan menambah banyak teman. Lalu organisasi selanjutnya cheerleders tujuan saya masuk didalam organisasi tersebut agar saya dapat lebih mahir menari dan saling berinteraksi bersama teman-teman lainnya, tetapi suatu organisasi itu tidak mudah untuk dilakukan seperti halnya saya, dimana fisik yang lemah tidak mendukung dan hanya ditengah-tengah saya berhenti tetapi walaupun sekedar masuk diorganisasi tersebut adad halnya mendapatkan pengaruh positif karena saya mendapat ilmu, wawasan dan mendapat teman.
Sekarang sudah banyak organisasi-organisasi yang bernilai negative dikalangan siswa dan mahasiswa, dimana orang-orang (siswa/mahasiswa) dihasut dan dipengaruhi untuk berbuat tidak baik dalam ajaran agamanya dan mereka melanggarnya jadi untuk anak-anak zaman sekarang harus berhati-hati memilih organisasi, jika perlu kita harus melihat apakah organisasi tersebut baik atau tidak dan jangan salah melangkah.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi 
               Catatan pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar