Rabu, 14 November 2012

tulisan 6(bahasa indonesia)


KISTA

Anggapan kalau kista adalah penyakitnya wanita dewasa, ternyata salah karena kista pun bisa tumbuh disaat umur kita masih remaja.

Apa sih kista itu ?

Kista merupakan tumor jinak yang bisa tumbuh atau muncul dimana pun pada tubuh kita. Biasanya kista berbentuk mirip kantung bulat berisi udara, cairan ataupun nanah. Dari berbagai tempat tumbuh kista yang paling umum dialami oleh para wanita adalah kista yang muncul diovarium yaitu salah satu organ reproduksi wanita yang menghasilkan ovum(sel telur)

Kista ovarium atau kista indung telur dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormonal dalam system reproduksi wanita. Jadi, jaringan-jaringan disekitar sel telur tumbuh abnormal dan membungkus sel telur tersebut hingga terbentuklah kista.

Contoh kasus: aku mempunyai teman sekelas yang menderita tumor pada payudaranya, saat menjenguk temanku, aku bertanya apa penyebab terjadinya tumor tumbuh, temanku bilang karena pola makanan dan jangan terlalu sering makan makanan seperti junkfood atau bakso. Lalu dia memberi saran kepada aku dan teman-temanku yang lainnya agar setiap mandi periksa daerah payudara bawah, jika ada jendulan kita harus buru-buru memeriksa ke dokter atau puskesmas terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar